Penyakit Vertigo

 

 

Penyakit vertigo adalah penyakit yang dengan ciri-ciri atau tanda perasaan berputar (kepala berputar) yang membuat penderita keseimbangannya terganggu. Penyakit vertigo berbeda dengan jenis sakit kepala lain, karena ini adalah yang paling berat karena yang diserang adalah syaraf keseimbangan. Bisa dibayangkan jika syaraf keseimbangan terganggu. Untuk jenis rasa penyakit vertigo ini ada 2, vertigo disertai rasa sakit & tanpa rasa sakit. Vertigo diserai rasa sakit adalah vertigo yang menandakan ada kerusyakan syaraf, ketegangan syaraf di kepala. Rasa sakit ini terlihat ketika seseorang baru bangun dari duduk, atau baru bangkit dar tidur, maka vertigo muncul (kambuh). Sedang vertigo tanpa rasa sakit juga banyak terjadi, hanya keseimbangan yang benar, benar terganggu. Yang saya jumpai vertigo tanpa rasa sakit ini banyak diderita oleh mereka yang sudah usia diatas 50 tahun.

Dampak vertigo lebih besar dari jenis penyakit lain, contoh diantara orang yang saya temui adalah ketika mereka beraktifitas, tiba-tiba vertigo kambuh, maka yang terjadi bisa fatal. Ada yang naik mobil, tiba-tiba vertigo kambuh, maka bisa nabrak, ada yang naik motor bisa lebih gawat lagi, karena bisa ambruk. Tapi ada penyakit vertigo yang tidak cepat kumat, yaitu ada tanda-tanda vertigo yang muncul sebelumnya, sehingga penderita bisa langsung siap-siap terlebih dahulu sebelum vertigo itu datang.

  • Penyebab Penyakit Vertigo

Untuk jenis Penyebab Penyakit Vertigo, saya ambil dari 4 orang yg datang. Mulai Usia 33, 43, 56, 67 tahun. Untuk penderita vertigo usia 33 tahun, penyebab sakit vertigo nya adalah karena ketegangan kerja, strees, tekanan kerja. Maka kalau penyebabnya ketegangan, vertigo ini akan ada rasa sakitnya. Dan Alhamdulillah 1x datang terapi sudah sukses. Untuk penderita vertigo usia 43 tahun ini adalah seorang Trainer yang sibuk. Seringnya tugas keluar kota, padatnya tugas membuat istirahat kurang. Tenaga di forsir sehingga otak kehabisan oksigen, maka syaraf keseimbangan yang kena, dan membuat beliau pingsan dan masuk ruang RS (opname). Memang kerja itu boleh, tapi jika kerja melebihi kekuatan tubuh, yang terjadi adalah mendzolimi tubuh itu sendiri.

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo

Untuk mengatasai vertigo ini pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging) dapat dimanfaatkan untuk mengungkap apakah mengalami gangguan pada pembuluh darah otak. Memang, dengan obat pelancar aliran darah gangguan akan segera teratasi sambil terus dipantau apakah gangguan masih kambuh.

Vertigo paling berat jika disebabkan adanya tumor pada otak kecil atau dekat organ telinga. Vertigo yang dirasakan sesuai dengan pertumbuhan tumor. Semakin besar tumor semakin berat rasa sakitnya. Adakalanya diikuti dengan gejala telinga mendengung. Sebagai upaya penanggulangan satu-satunya cara operasi dan penyinaran untuk menyingkirkan tumor.

Namun, adakalanya penyakit vertigo hanya disebabkan oleh stres. Meski penderita mengalami gejala kepala berputar tujuh keliling dan bahkan sampai muntah-muntah, namun begitu stres dapat ditanggulangi vertigo pun menghilang. Vertigo pada umumnya bukan gangguan kesehatan serius.

Apabila terserang vertigo, lakukan hal-hal berikut:

1. Beri minuman manis hangat.

2. Jika serangannya parah, boleh diberi obat penenang atau obat anti muntah .

3. Cari diagnosa dan penyebab pastinya. Gejala vertigo bisa hilang, namun bila dibiarkan bisa semakin parah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s